Download Panduan Manual UNBK Tahun 2019

Ujian Berbasis Komputer atau Computerized Based Test (CBT) adalah tes berbasis komputer yang penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes dimungkinkan mendapatkan paket soal yang berbeda.

Ujian Berbasis Komputer yang selanjutnya disebut UBK tahun 2019 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggunakan sistem CBT untuk mendapatkan hasil tes yang valid, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Download Panduan Manual UNBK Tahun 2019

UBK menggunakan model UBK semi-online. Model UBK semi- online adalah model UBK dimana koneksi internet hanya dibutuhkan ketika proses sinkronisasi beberapa waktu sebelum ujian, rilis token ketika hari ujian, dan upload data jawaban peserta ujian setelah ujian. Sedangkan akses tes oleh peserta ketika pelaksanaan ujian tidak memerlukan jaringan internet.

Detil mekanisme Pelaksanaan UBK dengan model Semi-Online ialah sebagai berikut:

  • Sekolah penyelenggara UBK harus menyediakan server lokal. Beberapa hari sebelum hari ujian, server lokal melakukan sinkronisasi dengan server pusat (sinkronisasi informasi soal ujian dan informasi peserta). Jadwal sinkronisasi diatur dalam petunjuk pelaksanaan UNBK.
  • Peserta ujian mengakses tes secara offline dari server lokal.
  • Hasil ujian diupload ke server pusat dengan menggunakan akses internet.


Download Panduan/Manual Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019 berikut ini;

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Download Panduan Manual UNBK Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel